Tuesday, August 7, 2018

PERANGKAT PEMBELAJARAN RPP IPA KELAS 7 SMP NEGERI 2 PURBALINGGA Tahun Pelajaran 2018-2019


PERANGKAT PEMBELAJARAN
RPP IPA KELAS 7 SMP NEGERI 2 PURBALINGGA
Tahun Pelajaran 2018-2019
Oleh : Eka Setya Budi Nugroho, S.Pd. Fis

------- Download File RPP IPA kelas 7 Kurikulum 2013 revisi 2018 TP 2018/2019--------

Perangkat pembelajaran merupukan hal yang harus disiapkan oleh guru sebelum melaksanakan pembelajaran. Dalam KBM (2007: 17), perangkat adalah alat atau perlengkapan, sedangkan pembelajaran adalah proses atau cara menjadikan orang belajar. Menurut Zuhdan, dkk (2011: 16) perangkat pembelajaran adalah alat atau perlengkapan untuk melaksanakan proses yang memungkinkan pendidik dan peserta didik melakukan kegiatan pembelajaran. Perangkat pembelajaran menjadi pegangan bagi guru dalam melaksanakan pembelajaran baik di kelas, laboratorium atau di luar kelas. Dalam Permendikbud No. 65 Tahun 2013 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah disebutkan bahwa penyusunan perangkat pembelajaran merupakan bagian dari perencanaan pembelajaran. Perencanaan pembelajaran dirancang dalam bentuk silabus dan RPP yang mengacu pada standar isi. Selain itu, dalam perencanaan pembelajaran juga dilakukan penyiapan media dan sumber belajar, perangkat penilaian, dan skenario pembelajaran. 

Berikut saya lampirkan perangkat pembelajaran Mata pelajaran IPA untuk SMP/MTs Tahun 2018-2019

12. RPP
13. Lembar kerja siswa (LKS)
14. Lembar Ulangan Harian
15. Analisis Ulangan Harian
16. Hasil Analisis Ulangan Harian
19. Tindak Lanjut

a.Silabus
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 65 Tahun 2013 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah menjelaskan bahwa silabus merupakan acuan penyusunan kerangka pembelajaran untuk setiap bahan kajian mata pelajaran. Silabus dikembangkan berdasarkan Standar Kompetensi Lulusan dan Standar Isi untuk satuan pendidikan dasar dan menegah sesuai dengan pola pembelajaran pada setiap tahun ajaran tertentu. Silabus digunakan sebagai acuan dalam pengembangan rencana pelaksanaan pembelajaran. Silabus untuk mata pelajaran SMA secara umum berisi: 

1.    Identitas mata pelajaran
2.    Identitas sekolah meliputi nama satuan pendidikan dan kelas
3.    Kompetensi inti, merupakan gambaran secara kategorial mengenai kompetensi dalam aspek    
       sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang harus dipelajari peserta didik untuk semua jenjang 
       pendidikan, kelas dan mata pelajaran.
4.    Kompetensi dasar, berkaitan dengan kemampuan spesifik yang mencakup sikap, pengetahuan 
       dan keterampilan yang terkait muatan atau mata pelajaran.
5.     Materi pokok, memuat fakta, konsep, prinsip dan prosedur yang relevan dan ditulis dalam 
        bentuk butir-butir sesuai dengan rumusan indikator pencapaian kompetensi. 
6.     Pembelajaran, yaitu kegiatan yang dilakukan oleh pendidik dan peserta didik untuk mencapai 
        kompetensi yang diharapkan.
7.     Penilaian, merupakan proses pengumpulan dan pengolahan informasi untuk menentukan 
         pencapaian hasil belajar peserta didik.
8.     Alokasi waktu sesuai dengan jumlah jam pelajaran dalam struktur kurikulum untuk satu 
        semester atau satu tahun, dan
9.    Sumber belajar, dapat berupa buku, media cetak dan elektronik, alam sekitar atau sumber 
        belajar lain yang relevan.

b. RPP
Menurut Permendikbud No. 81A Tahun 2013 tentang Implementasi Kurikulum Pedoman Umum Pembelajaran, bahwa tahap pertama dalam pembelajaran menurut standar proses yaitu perencanaan pembelajaran yang diwujudkan dengan kegiatan penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Selanjutnya dijelaskan bahwa RPP adalah rencana pembelajaran yang dikembangkan secara rinci dari suatu materi pokok atau tema tertentu yang mengacu pada silabus. RPP mencakup beberapa hal yaitu: (1) Data sekolah, mata pelajaran, dan kelas/ semester; (2) Materi Pokok; (3) Alokasi waktu; (4) Tujuan pembelajaran, KD dan indikator pencapaian kompetensi; (5) Materi pembelajaran; metode pembelajaran; (6) Media, alat dan sumber belajar; (7) Langkah-langkah kegiatan pembelajaran; dan (7) Penilaian.

c.Lembar Kegiatan Siswa (LKS)
Menurut Depdiknas (2007), LKS adalah lembaran yang berisi tugas yang harus dikerjakan oleh siswa. Tugas yang diperintahkan dalam LKS harus mengacu pada kompetensi dasar yang akan dicapai siswa. Tugas tersebut dapat berupa tugas teoritis dan tugas praktis (Abdul Majid, 2008: 176-177). LKS digunakan sebagai sarana untuk mengoptimalkan hasil belajar peserta didik dan meningkatkan keterlibatan peserta didik dalam proses belajar-mengajar.

d.Instrumen Penilaian
Penilaian bertujuan untuk mengumpulkan informasi tentang kemajuan belajar peserta didik. Dalam Permendikbud No. 81A Tahun 2013 tentang Implementasi Kurikulum Pedoman Umum Pembelajaran dijelaskan bahwa penilaian dalam setiap mata pelajaran meliputi kompetnsi pengetahuan, kompetensi keterampilan dan kompetensi sikap. Penilaian dilakukan berdasarkan indikator-indikator pencapaian hasil belajar dari masing-masing domain tersebut. Ada beberapa teknik dan instrumen penilaian yang digunakan untuk mengumpulkan informasi tentang kemajuan peserta didik baik berupa tes maupun non-tes antara lain tes tertulis, penilaian unjuk kerja, penilaian sikap, penilaian hasil karya, penilaian portofolio dan penilaian diri.    

Sumber Pustaka:
Kusumaningrum, Sih. 2015. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pendekatan Saintifik dengan Model Pembelajaran PjBL untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Kreativitas Siswa Kelas X. Tesis. Pascasarja UNY

Majid, Abdul. 2008. Perencanaan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Zuhdan Kun Prasetyo, dkk. 2011. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Sains Terpadu Untuk Meningkatkan Kognitif, Keterampilan Proses, Kreativitas serta Menerapkan Konsep Ilmiah Peserta Didik SMP. Program Pascasarjana UNY
(https://www.eurekapendidikan.com/2015/02/definisi-perangkat-pembelajaran.html)

Berikut saya lampirkan perangkat pembelajaran Mata pelajaran IPA untuk SMP/MTs Tahun 2018-2019

     https://drive.google.com/open?id=1lIgSD52arIaXSJqYNTbruClrZ8PoTxOZ
2. Kalender pendidikan

    https://drive.google.com/open?id=1fdjr0b7O8y1XjAUoH3-pOTTRqFeUo2go
    https://drive.google.com/open?id=1aVoUg3xIBLLKT8VhDZ8as4V9cqkzG5Ab
    https://drive.google.com/open?id=1HJ5VXl85U7YkmG5RA6FU91u711C9qfUm
    https://drive.google.com/open?id=1y2q3bzGoX0tHq5AQrneij7pe2PF99CCi
    https://drive.google.com/open?id=1LUg7N123L4fBjyR4eWmAnRVvRMQTGrvB
    https://drive.google.com/open?id=18UVAE1GWkmILNHyeEc9w5MW5kbqe_euT
    https://drive.google.com/open?id=1W7ZEZBG2QEYlNzqSZn7Y5sBqQm8myCVE
      https://drive.google.com/open?id=1-FOuBa-KC8btxT-kxV0E4e4wOjry4urq
11. Silabus
      https://drive.google.com/open?id=1IMyUmtiZiLMDeMLYylDoAcDyiYacSl-O
12. RPP
13. Lembar kerja siswa (LKS)
14. Lembar Ulangan Harian
15. Analisis Ulangan Harian
16. Hasil Analisis Ulangan Harian
      https://drive.google.com/open?id=1ufFdS3a3Dp5ZvCYkMZ1l-y0FouFuEiAe
      https://drive.google.com/open?id=1ufFdS3a3Dp5ZvCYkMZ1l-y0FouFuEiAe

19. Tindak Lanjut

No comments:

Post a Comment

TATA TERTIB LABORATORIUM IPA

TATA TERTIB LABORATORIUM IPA Definisi tata tertib menurut Adiwimarta dalam Prayoga (2000:14) adalah “peraturan-peraturan yang harus d...